Selamat Datang!

Manfaat lemak bagi tubuh manusia

manfaat lemak bagi tubuh

Jangan pernah beranggapan jika mengkonsumsi makanan yang mengangdung lemak itu pasti tidak baik bagi kesehatan tubuh! Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak boleh-boleh saja, asalkan tidak berlebihan. Kalau berlebihan ya pastinya berbahaya.

salah satu Manfaat lemak adalah bisa menghasilkan energi, selain itu lemak itu juga berfungsi sebagai pelarut vitamin. Lemak terdiri dari asam lemak jenuh, lemak trans, dan asam lemak tak jenuh. Asam lunak tak jenuh ada dua macam, yaitu asam lemak jenuh jamak dan asam jenuh tunggal.

Jika kamu mengkonsumsi lemak jenuh berlebihan akan menyebabkan kadar lemak darah dan kolesterol naik yang akan menyebabkan risiko penyakit kronis seperti jantung koroner, stroke, kelainan lemak darah dan hipertensi.

Dr Ratna Djuwita dari Persatuan Dokter Gizi Medik Indonesia dan Fakultas Kesehatan Masyarakat UI yang dikutip dari vivanews, menyatakan dari hasil riset kesehatan dasar terhadap konsumsi lemak, ditemukan bahwa konsumsi lemak orang Indonesia secara kuantitas sudah cukup namun kualitasnya tidak memadai.

“Orang masih mengonsumsi lemak dari makanan tidak sehat seperti makanan siap saji, gorengan dan lain-lain,” ungkapnya pada acara seminar bertema Pentingnya Lemak Esensial dan Manfaatnya bagi tubuh,” di Jakarta Sabtu, 12 Februari 2011.

Kebiasaan makan makanan dengan lemak jahat tak hanya terjadi pada masyarakat yang sering mengosumsi makanan siap saji.

“Kalangan menengah bawah jarang mengonsumsi makanan siap saji ternyata banyak mengasup gorengan juga rentan terhadap lemak trans berlebih akibat minyak yang dipakai berulang-ulang,” ucapnya.

Dr Ratna juga menjelaskan, sebaiknya ada pengaturan berapa porsi lemak yang dikonsumsi agar tubuh beroleh manfaat terbaik.

“Dari total 30 persen asupan lemak, sebaiknya lemak jenuh 10 persen, 20 persen lemak tak jenuh terdiri dari lemak tak jenuh jamak, 6-10 persen dan lemak tak jenuh tunggal 10 persen,” tambahnya.

Lalu Dr Fiastuti dari Departemen Ilmu Gizi UI menambahkan, asupan asam lemak esensial yang seimbang antara omega-3 dan omega-6 bermanfaat bagi kesehatan kardiovaskular, sistem syaraf dan hormon. Asam lemak esensial juga memperbaiki penyerapan nutrisi, menjaga daya tahan sel dan kesehatan.

Sumber makanan omega 3 dan 6 diantaranya berbagai jenis ikan, biji-bijian, telur, daging, dan aneka minyak seperti canola, VCO, evening primerose, biji bunga matahari, borage oil, dan blackcurrant oil.

Nah sekarang sudah mengerti kan? jadi kalau di rumah ibu sedang memasak makanan yang mengandung lemak jangan terburu buru menolak, dimakan saja tidak apa apa, tapi jangan berlebihan. Oh iya… Jika sudah selesai makan sangat dianjurkan untuk tidak tidur, lakukanlah aktifitas lain selain tidur, agar lemak dalam tubuh kamu bisa berubah jadi energi, bukan tertimbun di dalam tubuh.

referensi vivanews.com

Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. Arsip Kita - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com